Kamis, 17 November 2011

Tips Membaca dan Menulis Resensi Buku Yang Baik dan Benar

Selama ini mungkin anda selalu membaca resensi buku sebelum anda memutuskan membeli buku tersebut. Anda membaca resensi buku agar anda yakin bahwa buku yang akan anda beli sesuai dengan keinginan anda.

Jika selama ini anda hanya membaca resensi buku yang dibuat oleh orang lain, tahukah anda bahwa anda juga bisa membuat resensi buku sendiri atas buku yang sudah anda baca? Untuk membuat resensi sebuah buku sebenarnya mudah, akan tetapi ada hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat resensi sebuah buku. Berikut 4 tips dalam membuat resensi buku.

1. Sudah pernah membaca buku yang akan diresensi

Dalam membuat resensi buku, anda harus mengetahui secara lengkap isi buku sehingga anda bisa membuat resensi yang menyeluruh tetapi dengan bahasa yang ringkas dan padat. Mengapa ? karena pada umumnya pembaca mengingkan informasi yang singkat namun dapat memberikan informasi yang jelas seputar buku tersebut. Usahakan anda mencatat poin-poin penting yang coba pengarang sampaikan dalam buku tersebut agar pesann yang ingin disampaikan sesuai dengan yang diinginkan oleh pengarang.

2. Mencoba bersifat obyektif

Jika anda menulis resensi sebuah buku, isahakan anda mencoba untuk tidak bersifat subyektif tetapi harus obyektif. Sampaikan apapun pendapat anda mengenai buku tersebut dan tidak terpengaruh akan nama besar pengarang, penerbit dan hal-hal lainnya. Pembaca akan menyukai resensi buku yang bersifat jujur.

3. Menambah wawasan/pengetahuan

Judul buku ada bermacam-macam dan juga terdiri dari banyak kategori. Oleh karena itu anda harus menambah wawasan dan pengetahuan seputar buku yang akan anda resensi. Tidak ada salahnya anda membaca buku yang lain yang mempunyai tema yang sama dengan buku yang akan anda resensi. Wawasan anda juga akan mendukung resensi yang anda buat agar terlihat bahwa anda sangat memahami apa yang anda tulis.

4. Memberikan penilaian dengan kalimat yang jelas

Selain harus obyektif, resensi buku yang dibuat juga harus dibuat dengan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti. Hal ini juga dilakukan agar pesan yang disampaikan sesuai dengan apa yang anda inginkan dan pembaca tidak akan mempertanyakan kembali maksud tulisan anda.

Demikian 4 tips dalam membuat resensi buku yang baik, apakah anda punya tips yang lain selain yang telah kami sebutkan diatas ?

0 komentar:

Posting Komentar

 
;